Review Aplikasi Proofn - Email dan IM menjadi satu

Bagaimana jadinya jika kelebihan-kelebihan Email dan IM (instant messaging) digabungkan dalam satu aplikasi? Tentunya hebat sekali bukan?

Itulah mengapa hadirnya Proofn.

Proofn adalah aplikasi berbasis android yang menggabungkan dua media komunikasi email dan instant messaging menjadi satu aplikasi.

Proofn dikembangkan oleh PT Myabuy Global Technology. Saat ini Proofn telah didownload lebih dari 1000 pengguna dan memiliki rating 4,8 dari 169 pengguna.

Lalu apa saja yang dimiliki aplikasi ini?

Simak dibawah ini.

Review ini berdasarkan penggunaan saya pada aplikasi Proofn versi 2.14.16.

Penggunaan Aplikasi yang Mudah dan Interface yang Menyenangkan

Aplikasi proofn sangat mudah digunakan. Kamu cukup melakukan login melalui akun Google jika belum memiliki akun Proofn, tetapi kalau ingin mendaftar kamu hanya perlu memasukkan nama lengkap, username/email yang akan digunakan di proofn, kata sandi, dan nomor telepon.

Selain itu tampilan yang disajikan juga cukup sederhana dan rapih yang membuat saya nyaman menggunakan aplikasi ini. Ikon-ikon yang ada pada tombol juga sudah sesuai untuk menggambarkan fungsi yang dilakukan.

Kiri : membuat akun, Kanan : login aplikasi

Fitur Unik Namun Efektif 

Tentunya karena Proofn mengkombinasikan media komunikasi Email dan Instant Messaging, fitur yang dimiliki agak berbeda dengan instant messaging pada umumnya, tetapi fitur tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan pengguna.

Kamu bisa merasakan penggunaan email yang berbeda. Berkomunikasi dengan email akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan serta membuat kita dapat bekerja lebih efektif dan efisien.

Adanya fitur group yang membuat kita bisa tetap terhubung dan berkolaborasi dengan tim. Dengan adanya fitur group ini, kamu bisa berbagi pesan, gambar, video, dan file hingga ke 1000 orang dalam satu group.

Tampilan inbox (kiri) dan tampilan chat grup (kanan)

Kemanan Terjamin

Di aplikasi Proofn ini sudah menyediakan fitur enskripsi pesan, jadi semua aktivitas yang kamu lakukan di aplikasi ini akan aman.

Sangat saya rekomendasikan untuk kamu yang butuh keefektifan dan keefisienan

Kalau kamu memang suka menggunakan email dan ingin merasakan sesuatu yang berbeda kamu bisa menggunakan Proofn ini.

Beberapa Masalah yang Harus Diperbaiki Developer di versi Proofn 2.14.16

Sangat disayangkan, saat saya mencoba untuk mengattach file dokumen yang saya ingin kirimkan seperti .txt, .docx, .xls di bagian chat personal dan grup aplikasi tidak merespon apa-apa.

Padahal fitur ini menjadi fitur utama pengguna yang harusnya bisa digunakan. Semoga kedepannya fitur attach file ini bisa diperbaiki oleh sang developer.

Kesimpulan akhir saya cukup simpel...

Secara keseluruhan aplikasi Proofn ini menurut saya sudah cukup bagus.

Bagi kamu yang sering menggunakan email untuk berkomunikasi dan ingin merasakan pengalaman berbeda sepertinya kamu akan sangat cocok untuk menggunakan aplikasi ini. 

Untuk kedepannya semoga developer bisa menyelesaikan masalah ataupun bug di fitur yang memang penting.

Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini langsung dari playstore : Proofn - GooglePlay

Komentar